Inilah Daftar Pasaran Harga Kontrakan di Jogja: Mahasiswa dan EksMud Harus Tahu

Bagi Kamu yang saat ini sedang kuliah atau bekerja di Jogja tentunya membutuhkan tempat tinggal yang bisa menjadi rumah sementara selama beraktivitas di kota budaya ini. Salah satu tipe tempat tinggal yang bisa Kamu pilih adalah mengontrak.

Untuk mahasiswa, rumah kontrakan bisa disewa bersama-sama dengan rekan mahasiswa lainnya dengan biaya sewa yang dibagi, sedangkan untuk eksmud atau karyawan rumah kontrakan bisa disewa bersama dengan rekan yang lain, atau bisa juga sebagai tempat tinggal keluarga bagi Kamu yang sudah menikah.

Inilah Daftar Pasaran Harga Kontrakan di Jogja: Mahasiswa dan EksMud Harus Tahu

Biaya sewa kontrakan di Jogja yang ditanggung bersama tentunya bisa meringankan beban finansial terutama untuk Kamu yang sedang mulai menapaki karir dan belum punya banyak tabungan.
Tinggal di kontrakan di Jogja tentunya punya banyak keuntungan jika dibandingkan dengan sewa kamar kos.

Kamu bisa tinggal di rumah dengan segala fasilitas yang bisa digunakan sepuasnya dan bisa merasakan kenyamanan rumah dengan ruang gerak yang tidak terlalu terbatas. Harga kontrakan untuk di wilayah Jogja juga bermacam-macam, tergantung dengan lokasinya.

Kontrakan yang berada di lokasi dekat dengan kampus, perkantoran, dan wilayah komersial seperti pusat perbelanjaan dan pusat kuliner biasanya lebih mahal. Pilih kontrakan di Jogja yang fasilitasnya paling pas dengan kebutuhan dan juga budget, berikut adalah perkiraan gambaran harga kontrakan di berbagai wilayah yang populer di Jogja.

Kontrakan Jogja di Jalan Kaliurang

Jalan Kaliurang adalah salah satu jalan paling sibuk di Jogja. Sepanjang jalan ini Kamu akan menemukan berbagai macam tempat usaha mulai dari tempat makan, toko-toko kebutuhan gaya hidup, hotel, tempat belanja, dan sebagainya.

Jalan Kaliurang juga dipenuhi oleh aktivitas mahasiswa karena ada kampus UGM dan UNY di bagian selatan, plus kampus UII di bagian utaranya. Makanya wajar jika di wilayah ini ada banyak rumah yang disewakan untuk kontrak yang bisa disewa oleh mahasiswa ataupun eksekutif muda alias eksmud.

Sewa kontrakan di Jalan Kaliurang Kamu bisa dapat paket lengkap karena apa-apa pasti ada, wilayah ini juga mudah untuk menjangkau transportasi umum untuk mobilitas Kamu yang tidak punya kendaraan sendiri.

Kontrakan di Jogja untuk wilayah Jalan Kaliurang berkisar antara 12 jutaan hingga 25 jutaan per tahunnya. Makin lengkap fasilitasnya, makin bagus rumahnya tentunya harga sewanya makin mahal. Misalnya rumah yang relatif baru lengkap dengan teras dan bangunan yang lebih nyaman dipatok dengan harga 25-27 juta per tahun.

Sedangkan rumah sederhana dengan usia bangunan yang sudah cukup tua dipatok dengan harga hingga 16 jutaan per tahun. Rumah yang dikontrakan rata-rata punya 3 buah kamar dengan kamar mandi yang terpisah dan atau kamar mandi dalam, plus dapur, ruang tamu, garasi, dan sebagainya.

Kontrakan Jogja di Timoho

Kawasan populer lainnya di Jogja adalah Timoho yang dekat dengan pusat kota Jogja namun tidak sesibuk di wilayah tersebut. Sehingga pas bagi mahasiswa atau eksmud yang ingin tinggal dekat dengan pusat kota Jogja tapi di wilayah yang lebih tenang dan tidak terlalu penuh.

Di Timoho ada beberapa perguruan tinggi seperti misalnya UIN dan juga APMD sehingga pasti dipenuhi dengan macam-macam tempat makan, toko, dan tempat usaha lain. Timoho juga menjadi rumah bagi Balai Kota Yogyakarta dan berbagai macam perkantoran lainnya ditambah dengan Stadion Mandala Krida yang bisa dimanfaatkan untuk tempat olahraga.

Dari Timoho ke pusat kota hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit menggunakan kendaraan sendiri atau kendaraan umum.
Harga kontrakan di Jogja untuk wilayah Timoho tidak jauh beda dengan wilayah Jalan Kaliurang dan sekitarnya.

Kamu bisa menemukan rumah kontrakan mulai dari harga 10 juta untuk rumah kecil hingga 25 jutaan untuk rumah yang lebih besar dan lebih bagus. Rata-rata rumah yang dikontrakan punya lebih dari dua kamar, dibatasi dengan pagar, memiliki teras, dan bangunan yang masih bagus.

Kontrakan Jogja di Maguwo

Selanjutnya untuk kawasan Maguwo yang merupakan kawasan pinggiran kota dengan akses yang mudah ke mana-mana seperti misalnya Jalan Solo-Yogya yang menghubungkan pusat kota Jogja dengan Bandara Adisucipto, kemudian Jalan Ring Road Utara yang bisa menjadi akses untuk masuk ke kawasan sibuk di Jogja.

Untuk kontrakan di Jogja di wilayah Maguwo harganya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan kawasan yang lebih dekat dengan pusat kota. Harga pasaran kontrakannya banyak yang dipatok di bawah 10 juta rupiah per tahun untuk rumah-rumah yang sederhana baik untuk mahasiswa atau untuk karyawan eksmud. Sedangkan untuk karyawan yang sudah berkeluarga tersedia rumah kontrakan yang lebih nyaman dengan harga di kisaran rata-rata 16 juta rupiah per bulan.

Kontrakan Jogja di Godean

Godean merupakan wilayah yang letaknya ada di sebelah barat Jogja. Wilayah ini lebih banyak diisi dengan tempat-tempat usaha dan pusat ekonomi, namun juga ada beberapa perguruan tinggi. Karena letaknya yang cukup jauh dari pusat kota Jogja, harga kontrakan di Jogja untuk wilayah Godean cukup murah, rata-rata di bawah 15 juta rupiah per tahun.

Bagi Kamu yang punya pekerjaan di wilayah Jogja Barat, biaya hidup di kawasan ini tentunya bisa lebih murah karena harga sewa kontrakan yang lebih murah dengan fasilitas rumah yang sudah cukup lengkap.

Itu dia sedikit informasi mengenai gambaran harga kontrakan di Jogja yang cocok untuk mahasiswa maupun untuk karyawan single atau yang sudah berkeluarga. Perhatikan faktor keamanan dan juga kenyamanan ketika memilih kontrakan, karena yang murah atau mahal belum tentu pas dengan kebutuhan pribadi Kamu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Hal yang Harus di Hindari Ketika Kita Bertetangga di Kontrakan Umum

Jogja City Mall: Dari Belanja, Nonton dan Area Bermain Anak, Yuk Lihat Ada Apa Lagi