Pilihan Makanan Khas Jogja yang Murah Tapi Super Enak, Wajib Coba!

Jogja adalah surganya kuliner, mulai dari berbagai macam jajanan dan makanan tradisional hingga tempat makan dan restoran yang menawarkan suasana makan yang mewah dan berkelas. Tapi untuk bahasan kali ini Kamu pasti lebih penasaran dengan tempat makan yang murah di Jogja namun dengan rasa yang sungguh ciamik meski dengan suasana makan yang sederhana.

Pilihan Makanan Khas Jogja yang Murah Tapi Super Enak, Wajib Coba!

Apalagi Jogja penuh dengan pelajar dari seluruh penjuru wilayah nusantara yang mengandalkan hidup hemat agar bisa bertahan dan menuntut ilmu demi masa depan. Penasaran dengan pilihan makanan apa saja yang bisa jadi buruan Kamu selanjutnya selama di Jogja? Ini dia rekomendasi makanan murah suasana lokal Jogja dengan rasa super enak yang sayang kalau Kamu lewatkan begitu saja. Cus!

1. Sate Klatak Pak Bari

Sate klatak adalah salah satu makanan khas Jogja yang selalu diburu oleh pendatang maupun masyarakat lokal Jogja. Salah satu tempat makan sate klatak yang terkenal adalah warung milik Pak Bari ini yang bahkan pernah muncul di film Ada Apa Dengan Cinta 2.

Tapi tenang, sate kambing yang pernah masuk film ini harganya tetap rasional kok, hanya Rp. 20.000 per porsi Kamu sudah bisa menikmati sate yang empuk dan tidak bau prengus. Alamatnya ada di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur no. 5. Warung Sate Klatak Pak Bari ini cocok untuk Kamu yang suka wisata kuliner malam-malam karena baru buka setelah magrib sampai jam 1 pagi.

2. Gudeg Pawon

Bicara soal makanan khas Jogja pastinya tidak bisa melewatkan yang namanya gudeg. Makanan nasi dengan lauk gudeg nangka, telur pindang, sayur tempe krecek, dan lauk pelengkap lainnya ini selalu jadi favorit bagi semua orang.

Di Jalan Janturan UH/IV no. 36, Warungboto, Umbulharjo ada sebuah tempat makan gudeg unik yang sekilas nampak terlalu sederhana tapi antriannya jangan ditanya, tidak kalah dengan antrian bayar pajak menjelang akhir tahun laporan.

Namanya adalah Gudeg Pawon yaitu tempat makan gudeg yang hanya berupa pawon atau dapur sederhana namun rasanya jangan ditanya, super sedap! Tidak heran setiap malamnya antrian gudeg ini mengular dan gudeg akan habis dalam waktu tiga jam setelah buka. Satu porsi gudeg dihargai mulai dari Rp. 11.000 tergantung dengan lauk yang Kamu pilih.

3. Bakmi Jawa Mbah Mo

Bakmi Jawa adalah salah satu olahan mi yang dibuat secara tradisional dan populer di Jogja karena rasanya yang nikmat. Bakmi Mbah Mo adalah salah satu tempat makan Bakmi Jawa yang sudah melegenda di Jogja dan wajib untuk Kamu kunjungi terutama bagi penyuka olahan mi.

Di sini, Kamu bisa pilih bakmi goreng, bakmi godhog, atau bakmi nyemek atau bakmi basah namun kuahnya hanya sedikit saja. Bakmi yang dimasak dengan menggunakan tungku arang ini jadi salah satu rahasia citarasa yang lebih nikmat ditambah dengan telur bebek dan juga suwiran ayam untuk topping yang nikmat.

Bakmi Jawa Mbah Mo ada di Jalan Parangtritis km 11 yang mulai buka pukul 5 sore jadi pas untuk waktu makan malam Kamu. Satu porsi bakmi dihargai mulai Rp. 15.000, sudah kenyang, lidah puas, harganya ramah di kantong pula.

4. Angkringan Kopi Jos Lek Man

Angkringan adalah sahabat mahasiswa di Jogja. Di tempat makan yang sederhana ini Kamu bisa menikmati berbagai macam makanan baik camilan maupun nasi dengan harga yang super murah. Nasi kucing adalah makanan khas angkringan yang merupakan nasi dengan porsi dan lauk yang kecil ditemani dengan berbagai macam lauk seperti gorengan, sate usus , sate telur, dan sebagainya. Minumannya pun sederhana namun menghangatkan ada kopi, teh, jeruk, jahe, dan lainnya.

Kalau bicara soal angkringan, nama Lek Man sudah jadi legenda di Jogja. Datangi angkringannya di Jalan Wongsodirjan, Gedong Tengen, Sosromenduran, Kota Yogyakarta yang buka mulai pukul 2 siang hingga jam 3 pagi. Kalau ke sini jangan lupa untuk mencicipi kopi jos yaitu minuman kopi yang dimasuki arang panas untuk menambah citarasanya.

5. Wedang Tahu Bu Sukardi

Wedang tahu adalah wedang yang menggunakan kuah jahe seperti kuah wedang ronde, dengan isi tahu yang lembut dan langsung lumer di mulut. Wedang ini bisa jadi menu sarapan yang praktis dan nikmat atau sekedar untuk menghangatkan tubuh karena udara yang masih dingin. Wedang tahu pagi-pagi bisa Kamu dapatkan di Jalan Kranggan no. 75, Jetis dekat dengan Tugu Jogja.

Harga satu mangkuk Wedang Tahu hanya Rp. 6.000 yang bisa Kamu nikmati dari mulai pukul 06.30 pagi sampai habis. Nikmati hangatnya Wedang Tahu yang menyegarkan dan bisa jadi sarapan ringan untuk Kamu yang tak biasa makan berat di pagi hari.

6. Lotek dan Gado-Gado Bu Bagyo

Lotek dan gado-gado adalah saladnya orang Indonesia. Dengan sayuran yang direbus sebentar disiram dengan saus kacang yang gurih, ditambah dengan lauk telur atau bakwan yang lezat. Lotek dan gado-gado adalah piljhan makan siang favoritnya orang Indonesia dan Kamu bisa menemukan yang lebih enak di Lotek dan Gado-Gado Bu Bagyo.

Warung lotek ini sudah banyak cabangnya namun yang paling ramai ada di Jalan Sagan Baru dekat dengan Lembaga Indonesia Perancis (LIP) Jogja. Dengan harga mulai dari Rp. 11.000 Kamu sudah bisa menikmati santapan dengan porsi yang cukup banyak dan pastinya bikin puas. Dari daftar makanan khas Jogja super enak dan murah di atas, mana nih yang sudah pernah Kamu coba?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Daftar Pasaran Harga Kontrakan di Jogja: Mahasiswa dan EksMud Harus Tahu

5 Hal yang Harus di Hindari Ketika Kita Bertetangga di Kontrakan Umum